SIDANG SKRIPSI

sidangSkripsi – prasidang – sidang – yudisium – wisuda, hmmm… kuliah selama 4 tahun memang boleh dibilang cukup melelahkan tapi juga menjadi suatu kebanggaan ketika nama kita di belakangnya ada tambahan embel-embel sarjana. Tapi apakah itu yang kita cari? cuma sekedar “label” sarjana? atau kah pekerjaan buat masa depan??

Bingung juga yah, sekarang kalo nyari pekerjaan biasanya dicantumkan “pengalaman minimal sekian tahun”, saya jadi bingun, jadi kerja dulu atau sekolah dulu?hmmm… polemik nih…

Okeh kita bahas satu satu deh okeh biar lebih terstruktur de hehehe, kan jadi ga puyeng tuh bacanya hehehe…

Sebenarnya awal semuanya adalah dari SMA, ketika lulus SMA kita harus sudah punya planning, mau dibawa kemana (armada) masa depan kita, yah biasanya sih “cita-cita” kamu mau jadi apa? dokter kah? arsitek kah? presiden kah? polisi kah? direkur? atau cuma pengangguran?


Sejak dari SMA kita udah milih-milih mau kemana, ada yang ikut PMDK misalnya, atau jalur USM, atau SPMB/ SMPTN gitu kalo jaman sayah… nah setelah masuk perguruan tinggi yang diinginkan, barulah di sana petualangan baru kita akan di mulai, boleh di bilang di sanalah tempat kita mengasah ilmu, mengasah pengetahuan, pengalaman, nyari temen termasuk nyari jodoh hehe.. lalu apa ajah yang harus dilakukan??

Ok di sini saya mau memaparkan beberapa info yang saya harap bermanfaat bagi pembaca diantaranya :

Okeh pertama anda diterima di universitas pilihan anda, pasti anda merasa senang dan bahagia serta bangga sudah jadi mahasiswa nih, eits tapi jangan lupa ospek siap menanti, saran saya sih jangan lari dari ospek ato apalah istilah lainnya karena itu akan jadi pengalaman berharga buat anda di suatu saat nanti.
Sebaiknya tuliskan target anda di sebuah kertas yang besar misal di tempel di depan cermin jadi tiap kali anda bercermin anda ingat, nah apa ajah targetnya? yah misalkan targent anda 1-4 tahun ke depan ato minimal target bulan ini. Klo anda punya rencana lulus tepat waktu dengan hasil cumlaud, yah prepare dari sekarang, pilih2 matakuliah, jangan serakah diambil semuanya yang akhirnya cuma menjatuhkan nilai IPK anda, pipihlah sesuai kebutuhan, tapi kalo memang target anda bukan cumlaud, ya bolehlah gaya-gayaan dikit.
Sosialisasi saat jadi mahasiswa adalah hal yang paling penting, gak cuma ama temen satu jurusan, tapi juga minimal satu kampus ato satu kosan ato satu kota. Kenapa? karena suatu saat nanti itu bisa menjadi link buat anda kalo mau nyari kerja, kan jadi gampang kalo punya link. Selain itu siapa tahu nanti anda punya proyek nah anda butuh orang kan gak usah ribet nyari lagi, atau mungkin anda mencari jodoh buat teman hidup anda barang kali, hehehhee…
Ikuti beberpa organisasi kampus sebagai pengalaman anda dalam berorganisasi, gak usah semua, yah minimal anda pernah mengikuti lah misalnya jadi pengurus BEM atau jadi panitia kegiatan kampus gitu.
Sering ke perpus dan memanfaatkan fasilitas kampus semaksimal mungkin, rugi lho kalo fasilitasnya memadai tapi gak kita manfaatin.
Kalo kata mas romi dalam blognya, dijelaskan tips menjadi mahasiswa sukses, katanya yah mulai dari menulis di blog, nanti pekerjaan yang mencari anda bukan anda yang mencari pekerjaan, lebih lengkapnya baca ajah di sini.
Ok, kalo udah mendekati semester pertengahan, biasanya mulai mencapai titik jenuh, bosen ma tugas-tugas yang seabreg dan dikejar deadline, sibuk nyari pacar lah, sibuk bisnis ini itu lah, MLM misalnya ato mungkin anda tertarik dengan bisnis lain yang menggiurkan, eits jangan lupa kalo udah punya uang biasanya lupa deh dengan tujuan utama, yang tadinya cuma iseng-iseng ngisi waktu luang atau cuma sekedar sampingan buat nambah uang jajan eh jadi keenakan. back to your planning ok, target harus anda capai? kalo nggak yah bisa lama tuh anda kuliah…
Mendekati semester akhir biasanya mata kuliah yang diambil semakin sedikit, apalagi jika di kampus anda ada program semester pendek yang memperbolehkan mengambil mata kuliah semester atas, mantap tuh jadi ketika anda menginjak semester 6, atau 7 anda udah nyantai tinggal mikirin skripsi nih.
Katakanlah semsester 7 atau 8 anda mengambil skripsi, nah sebaiknya pikirkan kembali matang-matang skripsi anda, jangan dipaksakan, jangan juga terlalu mendesak. Minimal lakukan bimbingan secara rutin sehingga anda setidaknya dapat gambaran dan dapat inspirasi. Jangan lupa sering ke perpus buat baca2 skripsi orang yang udah jadi, jadi anda tahu harus ngapain, setelah itu konsultasikan dengan dosen pembimbing anda. Jangan lupa perbanyak reverensi, baik dari jurnal atupun buku.
Anda sebaiknya mencari tahu jadwal sidang, kapan ngumpulin draf skripsi, kapan prasidan (kalau ada), sehingga anda sudah mempersiapkan semuanya, jangan sampai semuanya itu serba dadakan, nanti habis anda di sidang sama penguji.
Jika anda sudah daftar untukl sidang, persyaratan sudah dilengkapi semuanya, katakanlah minggu depan anda sidang, sebaiknya anda pulang kampung dulu atau minimal telpon orang-orang terdekat terutama kedua orang tua anda untuk mendapatkan do’a restu supaya diberikan kelancaran saat sidang nanti.
Saat sidang berlangsung usahakan jangan tegang, rilex sajah, jawab pertanyaan penguji dengan santai, jela, singkat, padat. Jika sudah selesai ucapkan alhamdulillah dan jangan lupa sujud syukur, amien..
OK sekarang anda tinggal menunggu yudisium untuk mendapatkan hasil ujian sidang anda, semoga memuaskan ya…
Apa lagi yah? hemm yah segitu dulu deh yah, sisanya nanti menyusul deh hehehe

Semoga bermanfaat yah buat pembaca, mohon maaf bila ada kesalahan atau kekurangan karna ini hanya sekedar tips dari penulis berdasarkan pengalaman penulis. Terima kasih sudah berkunjung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s